Ukuran2 Epidemiologi

Ukuran2 Epidemiologi
SILABUS MATA KULIAH

Deskripsi Mata Kuliah : Pengetahuan tentang konsep penyakit, konsep penyebab penyakit dan factor penentu/determinan terjadinya penyakit atau masalah kesehatan umumnya dengan variabel epidemiologi (tempat, orang dan waktu), merupakan modal dasar untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan penyakit, serta penanggulangannya. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian bidang kesehatan, mendukung kemampuan dalam melakukan pemberantasan penyakit menular, melakukan pencegahan & penanggulangan penyakit.

Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasi dan mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip epidemiologi dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat guna mencapai tujuan pencegahan, penanggulangan dan pemberantasan penyakit di masyarakat.

Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman
Pembelajaran Materi Ajar
Waktu Alat/Bahan/ Sumber Belajar Penilaian
Memahami pengertian, peranan dan konsep sehat dan sakit Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
a. Menjelaskan pengertian epidemiologi
b. Menjelaskan Peranan & Manfaat
c. Menjelaskan Konsep sakit dan sehat Mengkaji konsep dan pengertian epidemiologi 1. Pengertian, sejarah & Konsep epidemiologi
2. Peranan & Manfaat
3. Konsep sakit dan sehat 100’ OHP, LCD, Laptop
• Gordis, L.2000. Epidemiology.
• Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press Portopolio test essay
Memahami dan memiliki wawasan tentang transisi epidemiologi Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan tentang transisi epidemiologi penyebab kematian dari negara berkembang ke negara maju Mengkaji dan mendisksikan tentang transisi epidemiologi penyebab kematian dari negara berkembang ke negara maju 1. Transisi epidemiologi 100’ Portopolio, Test essay

Memahami dan memiliki wawasan tentang konsep penyebab penyakit 2. Menjelaskan konsep penyebab penyakit
• Segitiga epid
• Model roda
• Web Causation
• Multiple Causation Mengkaji dan mendiskusikan tentang ke-4 konsep penyebab penyakit 1. Konsep penyebab penyakit 100’ Portopolio test essay
Test obyektif
Memahami tentang proses perjalanan alamiah penyakit dan tingkat pencegahan penyakit Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan Proses Perjalanan Alamiah suatu penyakit
2. Menjelaskan tingkat-tingkat pencegahan penyakit secara primer, sekunder dan tertier Mengkaji dan mendiskusikan Proses Perjalanan alamiah penyakit dan tingkat-tingkat pencegahan penyakit secara primer, sekunder dan tertier 2. Proses Perjalanan Alamiah penyakit
3. Tingkat pencegahan penyakit 200’ OHP, LCD, Laptop
1. Gordis, L.2000. Epidemiology.
2. Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press Portopolio test essay
Test obyektif
Memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran frekuensi penyakit Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan ukuran-ukuran yang digunakan dalam frekuensi penyakit
2. Melakukan pengukuran frekuensi kesakitan Mengkaji, mendiskusi- kan, menghitung ukuran-ukuran frekuensi penyakit Ukuran Kesakitan (morbiditas), meliputi :
 Insidens
 Prevalens 200’ OHP, LCD, Laptop, lembar kerja.
1. Murti, B, 1992, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi, UGM Press.
2. Gordis, L.2000. Epidemiology.
3. Murti, B, 2002, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi, UGM Press. Portofolio, tugas hitungan, test essay
Memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran frekuensi kematian Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan ukuran-ukuran yang digunakan dalam frekuensi Kematian (mortality)
2. Melakukan pengukuran frekuensi kematian (mortality) Mengkaji, mendiskusi- kan, menghitung ukuran-ukuran frekuensi penyakit Ukuran Kematian (mortalitas), meliputi :
 Kematian kasar
 Kematian menurut Umur
 Kematian krn sebab tertentu 100’ OHP, LCD, Laptop
1. Gordis, L.2000. Epidemiology.
2. Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press Portofolio, tugas hitungan, test essay
Memahami dan memiliki wawasan tentang studi/ penelitian epidemiologi dlm meng- identifikasi penyebab / faktor risiko penyakit Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Memahami peranan epid dalam mengidentifikasi penyebab penyakit melalui penelitian epid.
2. Menjelaskan jenis penelitian epidemiologi Deskriptif Mengkaji peranan epid dalam mengidentifikasi penyakit/masalah kesehatan melalui penelitian epidemiologi 1. Peranan dan tujuan studi epidemiologi
2. Jenis penelitian epidemiologi Deskriptif 100’ OHP, LCD, Laptop
1. Gordis, L.2000. Epidemiology.
2. Murti, B. 1992 & 2002, Prinsip dan metode Riset Epidemiologi, UGM Press Postofolio, mengkaji artikel penelitian


Memahami dan memiliki wawasan tentang jenis penelitian epidemiologi analitik 3. Menjelaskan jenis penelitian epidemiologi analitik, Cross sectional, Case control dan Cohort
Mengkaji dan mendiskusikan langkah studi epid analitik 3. Jenis penelitian epid analitik
 Cross sectional
 Case Control
 Cohort 200’ OHP, LCD, Laptop
1. Gordis, L.2000. Epidemiology.
2. Murti, B. 1992 & 2002, Prinsip dan metode Riset Epidemiologi, UGM Press Postofolio, mengkaji artikel penelitian
Memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran rasio asosiasi paparan dan penyakit Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan ukuran-ukuran yang digunakan dalam mengukur kekuatan hubungan antara paparan dan penyakit
2. Melakukan penghitungan ukuran rasio antara paparan dan penyakit Mengkaji, mendiskusi- kan dan menghitung ukuran-ukuran asosiasi paparan dan penyakit (ukuran rasio) Ukuran asosiasi antara paparan dan penyakit
1. Ukuran Rasio
100’ OHP, LCD, Laptop, Spidol White Board, Kertas Kerja

Murti, B. 1992 & 2002, Prinsip dan metode Riset Epidemiologi, UGM Press
Memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran beda asosiasi paparan dan penyakit 3. Menjelaskan ukuran-ukuran yang digunakan dalam mengukur kekuatan hubungan antara paparan dan penyakit
3. Melakukan penghitungan ukuran beda antara paparan dan penyakit Mengkaji, mendiskusi- kan, menghitung ukuran-ukuran beda frekuensi penyakit 2. Ukuran Beda 100’ OHP, LCD, Laptop, Spidol White Board, Kertas Kerja

Murti, B. 1992 & 2002, Prinsip dan metode Riset Epidemiologi, UGM Press


Memahami dan memiliki wawasan tentang screening (penyaringan dalam epidemiologi) Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : menjelaskan tentang screening epidemiologi
Mengkaji, mendiskusikan tentang konsep screening penyakit Screening penyakit 100’ OHP, LCD, Laptop, Spidol White Board, Kertas Kerja

Gordis L, 2002, Epidemiologi third Edition, Oxford University Presss.



















RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah : Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-1
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasi dan mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip epidemiologi dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat guna mencapai tujuan pencegahan, penanggulangan dan pemberantasan penyakit di masyarakat.


II. Kompetensi Dasar:
1. Memahami dan memiliki wawasan tentang teori epidemiologi, yang meliputi: pengertian, sejarah, peran dan manfaat epidemiologi

III. Indikator:
Setelah mengiuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
d. Menjelaskan pengertian epidemiologi
e. Menjelaskan Peranan & Manfaat
f. Menjelaskan Konsep sakit dan sehat
g. Membedakan konsep epidemiologi dan pengobatan klinik

IV. Materi Ajar:
4. Pengertian, Sejarah, Konsep, Peranan & Manfaat epidemiologi
5. Konsep sakit dan sehat
6. Konsep epidemiologi dan pengobatan klinik

V. Metode/srategi Pembelajaran : Ceramah dan Diskusi

VI. Tahap Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
Dosen membuka pelajaran dan menjelaskan tentang pengertian epidemiologi, sejarah epidemiologi, peran dan manfaat epidemiologi dalam bidang kesehatan masyarakat.
2. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan
 Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
3. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
2. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian
a. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
a. Sebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembanga epidemiologi dan apa perannya?
b. Jelaskan secara singkat peran epiemiologi?
c. Jelaskan manfaat dari epidemiologi?
d. Apa perbedaan dari prinsip epidemiologi dan kedokteran klinis?
2. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif











RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-2
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasi dan mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip epidemiologi dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat guna mencapai tujuan pencegahan, penanggulangan dan pemberantasan penyakit di masyarakat.


II. Kompetensi Dasar:
Mahasiswa memahami dan memiliki wawasan tentang transisi epidemiologi

III. Indikator:
Setelah mengiuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan tentang transisi epidemiologi penyebab kematian dari negara berkembang ke negara maju
2. Menjelaskan tentang sebab-sebab / faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya transisi epidemiologi
3. Menjelaskan hubungan antara transisi kependudukan dan transisi epidemiologi

IV. Materi Ajar:
1. Pengertian Transisi epidemiologi
2. Transisi epidemiologi di negara berkembang
3. Transisi epidemiologi di negara maju
4. Faktor-faktor yang mempengaruhi transisi epidemiologi
5. Hubungan transisi kependudukan dan transisi epidemiologi

V. Metode/srategi Pembelajaran : Ceramah dan Diskusi

VI. Tahap Pembelajaran :
3. Kegiatan Awal :
Dosen membuka pelajaran dan menjelaskan tentang pengertian epidemiologi, sejarah epidemiologi, peran dan manfaat epidemiologi dalam bidang kesehatan masyarakat.
4. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan
 Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
5. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
2. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian
b. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
a. Sebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembanga epidemiologi dan apa perannya?
b. Jelaskan secara singkat peran epiemiologi?
c. Jelaskan manfaat dari epidemiologi?
d. Apa perbedaan dari prinsip epidemiologi dan kedokteran klinis?
2. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif











RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-3
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasi dan mampu mengimplementasikan teori, konsep penyebab penyakit dalam epidemiologi


II. Kompetensi Dasar:
Mahasiswa memahami dan memiliki wawasan tentang konsep penyebab penyakit baik menular maupun non menular dengan berbagai konsep

III. Indikator:
Setelah mengiuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
Menjelaskan konsep penyebab penyakit
• Segitiga epid
• Model roda
• Web Causation
• Multiple Causation

IV. Materi Ajar:
1. Konsep segitiga epidemiologi (Trial epidemiologi)
• Faktor Penyebab, jenis-jenis penyebab penyakit,
• Faktor Pejamu
• Faktor Lingkungan
2. Konsep model roda
3. Konsep Web Causation
4. Konsep Multiple Causation
5. Konsep faktor risiko

V. Metode/srategi Pembelajaran : Ceramah dan Diskusi

VI. Tahap Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
Dosen membuka pelajaran dengan membuat pertanyaan atau kuis, apa yang dimaksud dengan penyebab penyakit.
2. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan tentang pengertian penyebab penyakit (agent), jenis-jenis penyebab, hubungan Agent-Host-Environment
 Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
3. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, Lembar peraga
2. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian
2. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
b. Apa yang dimaksud dengan agent (penyebab) penyakit?
c. Sebutkan jenis-jenis agent biologis, kimia, fisik?
d. Jelaskan terjadinya penyakit dengan konsep segitiga epidemiologi!
e. Apa yang dimaksud dengan fator risiko dalam konsep web caucation!
3. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif







RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-4
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasi dan mampu mengimplementasikan teori proses perjalanan alamiah penyakit dan tingkat pencegahan penyakit


II. Kompetensi Dasar:
Mahasiswa memahami dan memiliki wawasan tentang Perjalanan alamiah penyakit dan tingkat-tingkat pencegahan penyakit secara primer, sekunder dan tertier.

III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan Proses Perjalanan Alamiah suatu penyakit dan menjelaskan tingkat-tingkat pencegahan penyakit secara primer, sekunder dan tertier sesuai dengan perjalanan alamiah penyakit.

IV. Materi Ajar:
 Perjalanan alamiah penyakit
 Tahap-tahap pencegahan sesuai dengan perjalanan alamiah penyakit (natural history of disease)


V. Metode/srategi Pembelajaran : Ceramah dan Diskusi

VI. Tahap Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
Dosen membuka pelajaran dengan membuat pertanyaan atau kuis, apa yang dimaksud dengan penyebab penyakit.
2. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan tentang perjalanan alamiah suatu penyakit baik menular maupun non menular
 Dosen menjelaskan tentang tahap-tahap pencegahan penyakit sesuai dengan proses perjalanan alamiah penyakit
 Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
3. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, Lembar peraga
b. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian : Soal cek point
2. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
a. Jelaskan secara singkat proses perjalanan alamiah penyakit
b. Apa yang dimaksud dengan tahap pre pathogenesis?
c. Apa yang dimaksud dengan masa inskubasi ?
d. Apa yang dimaksud horison klinis?
e. Sebutkan tahap-tahap pencegahan penyakit sesuai dengan perjalanan alamiah penyakit?
3. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-5
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran frekuensi penyakit

II. Kompetensi Dasar:
Mahasiswa memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran-ukuran yang digunakan dalam frekuensi kejadian penyakit dan melakukan pengukuran frekuensi kesakitan.

III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mnyebutkan ukuran-ukuran yang digunakan dalam menghitung kejadian penyakit. Menghitung kejadian penyakit disuatu wilayah dengan suatu ukuran yang sesuai.

IV. Materi Ajar:
1. Ukuran-ukuran dalam epidemiologi ( Proporsi, Ratio, Rate)
2. Pengertian Insidence
3. Macam-macam angka Insidence

V. Metode/srategi Pembelajaran : Ceramah dan Power of two

VI. Tahap Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
Dosen membuka pelajaran dengan membuat pertanyaan atau kuis, apa yang dimaksud dengan penyebab penyakit.
2. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan tentang ukuran-ukuran dalam epidemiologi
 Dosen menjelaskan tentang macam-macam ukuran angka kejadian penyakit (perbedaan insidence dan prevalence)
 Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
3. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, Lembar peraga
b. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian : Kuis dan Soal cek point
2. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
a. Jelaskan pengertian tentang angka Proporsi, Rasio dan Rate
b. Apa yang dimaksud dengan Angka Insidens?
c. Sebutkan macam-macam angka Insidens?
d. Dalam suatu keluarga yg terdiri dari 6 orang anggota. Pada keluarga tsb seorang diantaranya menderita influenza. Kemuadia penularan terjadi pada 2 orang lainnya. Hitungkan kejadian penyakit tsb dengan menggunakan ukuran yang sesuai !
e. Pd suatu sekolah SD dgn murid 400 anak, 75 anak diantaanya tiba-tiba menderita muntaber setelah minum susu kotak dlm acara di sekolah tsb. Hitunglah angka kejadian tersebut dengan ukuran yang sesuai.

3. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif










RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-6
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran frekuensi penyakit

II. Kompetensi Dasar:
Mahasiswa memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran-ukuran yang digunakan dalam frekuensi kejadian penyakit dan melakukan pengukuran frekuensi kesakitan.

III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mnyebutkan ukuran-ukuran yang digunakan dalam menghitung kejadian penyakit. Menghitung kejadian penyakit disuatu wilayah dengan suatu ukuran yang sesuai.

IV. Materi Ajar:
1. Pengertian Angka Prevalence
2. Macam-macam angka Prevalence
3. Hubungan Insidence dan Prevalence

V. Metode/srategi Pembelajaran : Ceramah dan Power of two

VI. Tahap Pembelajaran :
3. Kegiatan Awal :
Dosen membuka pelajaran dengan membuat pertanyaan atau kuis, apa yang dimaksud dengan penyebab penyakit.
4. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan tentang ukuran-ukuran dalam epidemiologi
 Dosen menjelaskan tentang macam-macam ukuran angka kejadian penyakit (Macam-macam angka prevalence)
 Dosen menjelaskan cara menghitung angka prevalen dan memberikan contoh menghitung prevalence
 Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
5. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, Lembar peraga
2. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian : Kuis dan Soal cek point
2. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
a. Apa yang dimaksud dengan Angka Prevalence?
b. Sebutkan macam-macam angka Pevalence?
c. Suatu daerah dgn jumlah penduduk tanggal 1 juli 1999 sebanyak 150.000 orang, dilaporkan keadaan penyakit ISPA sbb: bln Jan 75 kasus, Maret 50 kasus, Juli 30 kasus baru dan 15 kasus lama. Hitunglah Periode prevalens penyakit ISPA bln Jan-Jul

3. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif












RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-7
Alokasi waktu : 100’


1. Standart Kompetensi:
Memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran frekuensi kematian (mortalitas)

2. Kompetensi Dasar:
Mahasiswa memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran-ukuran yang digunakan dalam frekuensi kematian dan melakukan pengukuran frekuensi kematian.

3. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mnyebutkan ukuran-ukuran yang digunakan dalam menghitung kematian. Menghitung angka kematian disuatu wilayah dengan suatu ukuran yang sesuai.

4. Materi Ajar:
1. Pengertian Angka Prevalence
2. Macam-macam angka kematian
a. Angka kematian kasar
b. Angka kematian menurut umur
c. Angka kematian menurut sebab
3. Fungsi angka kematian sebagai indikator tingkat kesehatan masyarakat

5. Metode/srategi Pembelajaran : Ceramah dan Power of two

6. Tahap Pembelajaran :
1. Awal :
Dosen membuka pelajaran dengan membuat pertanyaan atau kuis, apa yang dimaksud dengan penyebab penyakit.
2. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan tentang ukuran-ukuran kematian
 Dosen menjelaskan tentang macam-macam ukuran angka kematian
 Dosen menjelaskan cara menghitung angka kematian sesuai kebutuhkan
 Dosen memberikan tugas kepada mahasiswa untuk menghitung conoth angka kematian
 Mahasiswa mengerjakan conoth soal dan tugas hitungan yang diberikan dosen.
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
3. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

7. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, Lembar kerja
2. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

8. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian : Kuis dan Soal cek point
2. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
a. Apa yang dimaksud dengan angka kematian (mortalitas)?
b. Sebutkan macam-macam angka kematian menurut umur?
c. Sebutkan macam-macam angka kematian menurut sebab nya?

3. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-8
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan studi epidemiologi untuk mengidentifikasi masalah kesehatan

II. Kompetensi Dasar:
Memahami dan memiliki wawasan tentang studi/ penelitian epidemiologi dlm mengidentifikasi penyebab / faktor risiko penyakit

III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
3. Memahami peranan epid dalam mengidentifikasi penyebab penyakit melalui penelitian epidemiologi.
4. Menyebutkan jenis penelitian epidemiologi deskriptif
5. Menjelaskan penelitian epidemiologi deskriptif

IV. Materi Ajar:
1. Pengertian studi epidemiologi
2. Peranan dan tujuan studi epidemiologi
3. Jenis penelitian epidemiologi Deskriptif
a. Laporan kasus
b. Seri kasus
c. Time series
d. Studi korelasional/ekologis
e. Desain cross sectional

V. Metode/srategi Pembelajaran : Ceramah dan Power of two

VI. Tahap Pembelajaran :
1. Awal :
Dosen membuka pelajaran dengan membuat pertanyaan atau kuis, apa yang dimaksud dengan penyebab penyakit.
2. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan tentang studi/penelitian epidemiologi
 Dosen menjelaskan tentang macam-macam studi epidemiologi
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
3. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, Lembar kerja
2. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian : Kuis, Soal essai, portofolio
2. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
a. Apa yang dimaksud dengan studi epidemiologi?
b. Apa tujuan dan manfaat studi epidemiologi?
c. Sebutkan jenis-jenis penelitian epidemiologi deskriptif?
d. Jelaskan tentang jenis penelitian cross sectional!
3. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-9
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan studi epidemiologi untuk mengidentifikasi masalah kesehatan dan dapat melakukan upaya penegahan

II. Kompetensi Dasar:
Memahami dan memiliki wawasan tentang studi/ penelitian epidemiologi analitik dlm mengidentifikasi penyebab / faktor risiko penyakit

III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Memahami peranan epid dalam mengidentifikasi penyebab penyakit melalui penelitian epidemiologi analitik.
2. Menyebutkan jenis penelitian epidemiologi deskriptif
3. Menjelaskan penelitian epidemiologi deskriptif

IV. Materi Ajar:
1. Pengertian studi epidemiologi Analitik
2. Peranan dan tujuan studi epidemiologi analitik
3. Jenis penelitian epidemiologi analitik
a. Penelitian analitik observasional
 studi case control
 studi cohort
b. Penelitian analitik eksperimen

V. Metode/srategi Pembelajaran : Diskusi dan Power of two

VI. Tahap Pembelajaran :
1. Awal :
Dosen membuka pelajaran dengan membuat pertanyaan atau kuis, apa yang dimaksud dengan penyebab penyakit.
2. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan tentang studi/penelitian epidemiologi analitik
 Dosen menjelaskan tentang macam-macam studi epidemiologi analitik
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
3. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, Lembar kerja
2. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian : Kuis, Soal essai, portofolio
2. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
a. Jelaskan secara singkat langkah-langkah studi case control?
b. Sebutkan kelebihan dan kekurangan studi case control!
c. Jelaskan secara singkat langkah-langkah studi cohort !
d. Sebutkan kelebihan dan kekeurangan studi cohort?
e. Sebutkan jenis-jenis studi epidemiologi eksperimen?

3. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif


RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-10
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasi cara menghitung ukuran asosiasi paparan dan penyakit serta menginterprerasikannya.

II. Kompetensi Dasar:
Memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran rasio asosiasi/hubungan antara paparan dan penyakit

III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
4. Menjelaskan ukuran-ukuran yang digunakan dalam mengukur kekuatan hubungan antara paparan dan penyakit
5. Melakukan penghitungan ukuran rasio antara paparan dan penyakit

IV. Materi Ajar:
1. Pengertian ukuran rasio asosiasi paparan daan penyakit
2. Jenis-jenis ukuran asosiasi paparan dan penyakit
3. Cara perhitungan dan interpretasi ukuran asosiasi paparan dan penyakit
a. Insident Density Ratio
b. Risiko Relatif
c. Odds Ratio

V. Metode/srategi Pembelajaran : Diskusi dan Power of two

VI. Tahap Pembelajaran :
1. Awal :
Dosen membuka pelajaran dengan membuat pertanyaan atau kuis, apa yang dimaksud dengan penyebab penyakit.
2. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan tentang ukuran asosiasi paparan dan penyakit
 Dosen menjelaskan tentang macam-macam ukuran asosiasi paparan dan penyakit (RR dan OR)
 Dosen memberikan contoh soal cara menghitung nilai , RR dan OR serta interpretasinya.
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan dan tugas rumah kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
3. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, Lembar kerja
2. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian : Kuis, Soal essai, portofolio
2. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
a. Apa yang dimaksud dengan ukuran rasio asosiasi paparan dan penyakit?
b. Apa tujuan dan manfaat mengitung ukuran tersebut?
c. Sebutkan macam-macam ukuran rasio asosiasi paparan dan penyakit?
d. Suatu studi dilakukan utk mengeahui hubungan antar peminum alkohol dgn terjadinya penyakit stroke. Dlm penelitian tsb dikumpulkan sebanyak 4.500 orang orang bukan alkohol dan 2.800 orang peminum alkohol. Kemudian dilakukan pengamatan pada kedua kelompok selama 10 thn. Hitunglah ukuran asosiasi antara minum alkohol dengan kejadian penyakit stroke dengan ukuran yang sesuai. Bagimana kesimpulan anda ?:

3. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif





RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-11
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasi cara menghitung ukuran asosiasi paparan dan penyakit serta menginterprerasikannya.

II. Kompetensi Dasar:
Memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran beda asosiasi/hubungan antara paparan dan penyakit

III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan ukuran-ukuran yang digunakan dalam mengukur kekuatan hubungan antara paparan dan penyakit
2. Melakukan penghitungan ukuran beda antara paparan dan penyakit

IV. Materi Ajar:
1. Pengertian ukuran beda antara paparan dan penyakit
2. Cara perhitungan dan interpretasi ukuran beda asosiasi paparan dan penyakit (Insidens Density Ratio)

V. Metode/srategi Pembelajaran : Diskusi dan Power of two

VI. Tahap Pembelajaran :
3. Awal :
Dosen membuka pelajaran dengan membuat pertanyaan atau kuis, apa yang dimaksud dengan penyebab penyakit.
4. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan tentang ukuran asosiasi paparan dan penyakit
 Dosen memberikan contoh soal cara menghitung nilai IDR serta interpretasinya.
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan dan tugas rumah kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
5. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, Lembar kerja
2. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian : Kuis, Soal essai, portofolio
2. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
a. Apa yang dimaksud dengan ukuran Insiden Density Ratio suatu penyakit?
b. Apa tujuan dan manfaat mengitung ukuran tersebut?
c. Suatu studi dilakukan utk mengeahui hubungan antar peminum alkohol dgn terjadinya penyakit stroke. Dlm penelitian tsb dikumpulkan sebanyak 4.500 orang orang bukan alkohol dan 2.800 orang peminum alkohol. Kemudian dilakukan pengamatan pada kedua kelompok selama 10 thn. Hitunglah ukuran IDR antara minum alkohol dengan kejadian penyakit stroke. Bagimana kesimpulan anda ?

3. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif


RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-12
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Mahasiswa memahami dan memiliki wawasan tentang screening (penyaringan) dalam epidemiologi

II. Kompetensi Dasar:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan menerapkan metode screening epidemiologi dalam menetapkan kasus suatu penyakit

III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
1. Menjelaskan maksud dan tujuan screening penyakit
2. Menjelaskan prinsip screening penyakit
3. Menyebutkan kriteria screening penyakit
4. Menjelaskan syarat screening

IV. Materi Ajar:
1. Pengertian Screening penyakit
2. Maksud dan tujuan Screening penyakit
3. Prinsip Screening penyakit
4. Kriteria Screening penyakit
5. Syarat Screening penyakit

V. Metode/srategi Pembelajaran : Ceramah dan Power of two

VI. Tahap Pembelajaran :
1. Awal :
Dosen membuka pelajaran dengan membuat pertanyaan atau kuis, apa yang dimaksud dengan Screening penyakit.
2. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan tentang Screening penyakit.
 Dosen memberikan contoh tentang, prinsip, kriteria dan syarat Screening penyakit.
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan dan tugas rumah kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
3. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, Lembar kerja
2. Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
1. Teknik dan Instumen Penilaian : Kuis, Soal essai, portofolio
2. Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
a. Apa yang dimaksud dengan Screening penyakit?
b. Apa tujuan dan manfaat Screening penyakit?
c. Bagaimana menentukan bahwa Screening penyakit baik?
d. Apa syarat-syarat untuk melakukan Screening penyakit!

3. Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif

RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen : Yuli Kusumawati, SKM, MKes(Epid)
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah : EPI 30222
Nama Mata Kuliah ; Dasar Epidemiologi
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester : Tiga
Pertemuan : Ke-11
Alokasi waktu : 100’


I. Standart Kompetensi:
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasi cara menghitung ukuran asosiasi paparan dan penyakit serta menginterprerasikannya.

II. Kompetensi Dasar:
Memahami dan memiliki wawasan tentang ukuran beda asosiasi/hubungan antara paparan dan penyakit

III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
Menjelaskan ukuran-ukuran yang digunakan dalam mengukur kekuatan hubungan antara paparan dan penyakit dan Melakukan penghitungan ukuran beda antara paparan dan penyakit

IV. Materi Ajar:
Pengertian ukuran beda antara paparan dan penyakit
Cara perhitungan dan interpretasi ukuran beda asosiasi paparan dan penyakit (Insidens Density Ratio)

V. Metode/srategi Pembelajaran : Diskusi dan Power of two

VI. Tahap Pembelajaran :
1. Awal :
Dosen membuka pelajaran dengan membuat pertanyaan atau kuis, apa yang dimaksud dengan penyebab penyakit.
2. Kegiatan Inti :
 Dosen menerangkan tentang materi sesuai dengan bahasan yang diberikan tentang ukuran asosiasi paparan dan penyakit
 Dosen memberikan contoh soal cara menghitung nilai IDR serta interpretasinya.
 Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas kepada dosen.
 Dosen memberikan penjelasan lebih lengkap apa yan ditanyakan oleh mahasiswa dan membuka diskusi terhadap mahasiswa yang lain.
 Dosen memberikan pertanyaan dan tugas rumah kepada mahasiswa untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh mahasiswa.
3. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi dari materi yang ditanyakan mahasiswa.
Dosen menyimpulkan materi yang disampaikan dan menutup perkuliahan.

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
 Alat/Media : OHP, LCD, Laptop, Lembar kerja
 Bahan/Sumber Belajar :
 Gordis, L.2000. Epidemiology. Philadelpia
 Beaglehole, dkk. Dasar-dasar Epidemiologi. UGM Press

VIII. Penilaian
 Teknik dan Instumen Penilaian : Kuis, Soal essai, portofolio
 Keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaaan atau kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen.
1. Apa yang dimaksud dengan ukuran Insiden Density Ratio suatu penyakit?
2. Apa tujuan dan manfaat mengitung ukuran tersebut?
3. Suatu studi dilakukan utk mengeahui hubungan antar peminum alkohol dgn terjadinya penyakit stroke. Dlm penelitian tsb dikumpulkan sebanyak 4.500 orang orang bukan alkohol dan 2.800 orang peminum alkohol. Kemudian dilakukan pengamatan pada kedua kelompok selama 10 thn. Hitunglah ukuran IDR antara minum alkohol dengan kejadian penyakit stroke. Bagimana kesimpulan anda ?

 Kriteria Penilaian
2 Pt + 3 Ps + 5 Tt
---------------------- = Nf
10
Keterangan :
Pt = Portofolio
Ps = Program Studi
Tt = Tes Tulis
Nf = Nilai Formatif